Jangan menganggap dirinya orang islam kalau tidak mau mencari ilmu

Minggu, 22 November 2009

SHOLAT IDUL ADHA TIDAK BERPAHALA


Tidak lama lagi insya alloh kita akan menemui datangnya Idul Adha (Hari Raya Qurban).


Sebelum melakukan sholat Idul Adha secara berjama’ah ada amalan sunah sebelum menjalankan sholat yaitu berpuasa sehari yaitu tanggal 9 Dzulhijjah. Setelah itu dilanjutkan sholat Idul Adha hari berikutnya yaitu pada tanggal 10 Dzulhijjah.


Setelah menjalankan Sholat Idul Adha ada amalan sunah juga yang sangat besar pahalanya yaitu melakukan penyembelihan hewan qurban baik itu berupa kambing, sapi, kerbau dan onta.


Penyembelihan qurban merupakan kunci utama boleh tidaknya mengikuti sholat Idul Adha bagi orang yang sudah mampu melakukan qurban.


Karena ada sebuah hadist yang menerangkan bahwa barang siapa yang mampu untuk menyembelih qurban akan tetapi tidak menjalankannya maka dilarang oleh Nabi Muhammad untuk mendekati tempat sholatnya Nabi. Artinya kalau kita tidak melakukan penyembelihan hewan qurban (khusus bagi yang mampu) dilarang untuk mengikuti sholat Idul Adha. Karena sholat Idul Adha adalah ibadah yang berkaitan dengan penyembelihan qurban.


Sangat ironis apabila ada sholat Idul Adha (Hari Raya Qurban) tanpa melakukan penyembelihan qurban.


Dari hadist tersebut dapat disimpulkan bahwa apabila kita mampu untuk berkorban akan tetapi tidak menjalankannya maka kita tidak akan mendapatkan pahala sholat Idul Adha meskipun mengikuti sholat Idul Adha tersebut (sia-sia belaka).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar