Jangan menganggap dirinya orang islam kalau tidak mau mencari ilmu

Minggu, 29 November 2009

ADAB BERDO'A SUPAYA TERKABUL


Adab atau etika merupakan salah satu syarat yang harus diindahkan oleh semua orang terhadap seseorang yang ingin dimintai agar dapat tercapai keinginannya. Banyak etika yang berkaitan dengan ibadah mu'amalah yang berinteraksi langsung sesama orang yang harus ditaati dengan sebaik-baiknya.

Sedangkan untuk berhubungan dengan Alloh juga ada etikanya tersendiri yang tentunya tidaklah sama dengan kita berhubungan dengan antar manusia. Salah satu bentuk hubungan kita dengan Alloh SWT adalah berdo'a. Berdoa merupakan suatu cara untuk berkomunikasi antara mahluk dengan penciptanya. Agar dapat terjadi hubungan tersebut ada etika-etika tertentu yang harus dijalankan.

Banyak dilingkungan kita yang sudah giat berdo'a akan tetapi tidak terkabulkan. Kemungkinan salah satu penyebabnya adalah adab atau etika berdo'a yang tidak tepat. Beberapa etika berdo'a agar do'a kita dapat terkabul adalah:

1. Sebelum kita melakukan permintaan pada Alloh SWT alangkah baiknya kita memuji pada Alloh terlebih dahulu dengan sebanyak-banyaknya.

2. Setelah itu dilakukan membaca sholawat sebanyak-banyaknya. Membaca sholawat artinya kita mendoakan pada Nabi Muhammad atas keselamatannya.

3. Mendo'akan untuk orang lain terlebih dahulu termasuk berdo'a untuk kedua orang tua kita.

4. Baru kita berdo'a untuk diri kita sendiri dengan sebanyak-banyaknya berdoa.

Dengan cara seperti itu insya Alloh do'a kita akan cepat terkabul. Alloh telah berjanji bahwa barang siapa minta kepada-Ku pasti Aku kabulkan. Alloh akan mengkabulkan do'a seseorang apabila menggunakan etika yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar